BOGOR SEHAT

Informasi pelayanan kesehatan terdepan di Bogor

banner 728x90

ARSSI Bogor Raya Gelar Workshop Pengendalian Biaya Rumah Sakit

ARSSI Bogor Raya Gelar Workshop Pengendalian Biaya Rumah Sakit
Ketua ARSSI Bogor Raya Dr Kamalia Faisal (duduk kiri) dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Drg Tri Wahyu Harini (duduk kanan) berpose bersama panitia workshop.#foto:istimewa

CIBINONG:Assosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Bogor Raya, menggelar Workshop “Perhitungan Unit Cost Dalam Pengendalian Biaya Rumah Sakit di Era JKN”, Rabu (1/11) hingga Kamis (2/11). Workshop yang dilaksanakan di RS Sentra Medika, Cibinong dan diikuti ratusan peserta, dibuka Bupati Bogor Nurhayanti yang diwakili Drg Tri Wahyu Harini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.
Ketua ARSSI Bogor Raya Dr Kamalia Faisal yang didampingi Humas ARSSI Bogor Raya Jani Ginting, SE, kepada wartawan yang menemuinya di sela-sela acara, menyatakan, workshop yang menampilkan pembicara Dr P Lanjar Sugiyanto, Dr Ediyansyah dan Togi Sianturi SE tersebut dilaksanakan pihaknya untuk memberikan wawasan tambahan bagi pelaku perumahsakitan dalam menghadapi regulasi pemerintah dalam bidang kesehatan.
“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pemerintah sudah meluncurkan program JKN dan lebih populer dengan sebutan BPJS. Kita mendukung program tersebut. Apalagi, semua rumah sakit sudah diwajibkan untuk melayani peserta BPJS,” kata Dr Kamalia.
Namun, sebagaimana menurutnya, rumah sakit swasta juga harus dapat bertahan dan berkembang. Sehingga, apa yang menjadi salah satu tuntutan JKN, yakni tersedianya pelayanan kesehatan yang murah, maka rumah sakit swasta harus jeli lagi dalam perhitungan unit costnya dalam kerangka pengendalian biaya.
“Dengan langkah seperti itu, program pemerintah diharapkan akan sukses dan rumah sakit swasta juga dapat bertahan dan berkembang,” imbuhnya.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Drg Tri Wahyu Harini yang membacakan sambutan Bupati Bogor, menyatakan, sangat mengapresiasi langkah ARSSI Bogor Raya yang menggelar workshop. Program JKN, sebagaimana menurutnya, merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam pembangunan kesehatan nasional yang harus didukung bersama. “Pelaksanaan workshop ini merupakan bentuk dukungan kalangan perumahsakitan terhadap program nasional itu dan topiknya cukup penting diikuti semua rumah sakit,” tambahnya. # eva riana

banner 468x60

No Responses

Leave a Reply