BOGOR SEHAT

Informasi pelayanan kesehatan terdepan di Bogor

banner 728x90

Dekat dengan Ibukota, Warga Bogor Masih Banyak Gunakan Dukun Beranak

Dekat dengan Ibukota, Warga Bogor Masih Banyak Gunakan Dukun Beranak

repro

SUKAMAKMUR: Secara geografis, Kabupaten Bogor cukup dekat dengan Ibukota Jakarta. Itu sebab, Kabupaten Bogor juga disebut sebagai salah satu daerah penyangga Jakarta. Namun, di balik kedekatannya tersebut, masih terdapat kondisi yang memiriskan. Sebagian warganya masih mengandalkan dukun atau populer dengan sebutan paraji.
Salah satu wilayah yang angka penggunaan dukun beranak masih banyak adalah di Kecamatan Sukamakmur. Dr Tavip Triyono dalam rapat kordinasi kesehatan di Aula Kecamatan Jonggol, Rabu (12/7), ibu hamil yang menggunakan tenaga bidan baru mencapai angka sekitar 60 persen. Masih banyak persalinan ibu di Kecamatan Sukamakmur ditangani jasa Paraji.
“Meskipun masih ada ibu hamil harus melakukan menggunakan jasa Paraji, tetapi sekitar lebih kurang enam puluh persen sudah mulai pergi ke tenaga bidan,” terang dr Tavip Triyono.
Kepercayaan masyarakat cukup tinggi terhadap Paraji dan tarif biaya persalinan yang relatif murah, menjadi alasan warga untuk tetap memanfaatkan jasa dukun beranak tersebut. Dia menambahkan, kepercayaan dari warga untuk menggunakan jasa Paraji masih sulit untuk dihilangkan dan masih butuh waktu.
Camat Sukamakmur Zaenal Ashari ketika dikonfirmasi, menyatakan, masih banyaknya dari warga menggunakan jasa Paraji tidak bisa dihilangkan. Kepercayaan warga untuk menggunakan jasa sudah terjadi turun menurun, untuk menghilangkan hal tersebut dibutuhkan waktu yang panjang.
Dia meminta, pihak puskesmas untuk dapat membantu Paraji ketika ada warga melakukan persalinan. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi dampak negatif bagi kesehatan ibu dan anak.
Dr Tavip menambahkan, ketika Paraji membantu para ibu melakukan persalinan atau melahirkan selalu didampingi bidan desa. “Ini dilakukan untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan saat melakukan persalinan,” tambahnya. O ramses

Tags:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply