BOGOR SEHAT

Informasi pelayanan kesehatan terdepan di Bogor

banner 728x90

Di Cileungsi, 23 Warga Terjangkit HIV dan 2 Positif AIDS

Di Cileungsi, 23 Warga Terjangkit HIV dan 2 Positif AIDS

repro

Virus HIV/Aids di Kecamatan Cileungsi merebak. Hingga Juli 2017, jumlah warga yang sudah terjangkit virus HIV tercatat sebanyak 23 orang dan ditambah dua lainnya positif mengidap AIDS. Jumlah tersebut berdasarkan pendataan yang dilakukan Puskesmas Cileungsi.
Pada Bulan Februari lalu, Puskesmas Cileungsi menditeksi 3 penderita HIV, seorang di antaranya laki-laki. Di bulan Maret, jumlah warga yang terditeksi HIV meningkat dengan ditemukannya 4 warga yang terditeksi penyakit yang sama. Di bulan April, jumlah penderita berlipat ganda dengan ditemukannya 8 warga yang menderita HIV. Di bulan Mei, lagi-lagi ditemukan 6 penderita HIV dan di bulan Juni ditemukan 2 warga lainnya yang menderita HIV. Sehingga total keseluruhan sebanyak 23 penderita HIV.
Dr Deli, Kepala Puskesmas Cileungsi, tidak menampik data tersebut. Dia juga tidak membantah jika jumlahnya terus meningkat. “Dari total data tersebut, sebanyak 14 orang di antaranya adalah wanita. Sisanya laki-laki,” katanya.
Di luar angka itu, masih terdapat dua orang warga yang positif menderita AIDS. Namun, sejauh ini, pihak Puskesmas belum menemukan ibu hamil yang terinfeksi HIV maupun AIDS.
Dalam penanganan HIV dan AIDS, pihak Puskesmas langsung merujuk pasien ke rumah sakit yang sudah ditentukan untuk pengobatan lebih lanjut. Sedangkan pihak Puskesmas menggencarkan langkah penanggulangan yang dilakukan secara kontinyu.
“Sosialisasi sudah sering kita lakukan. Namun, prilaku masyarakat sulit dirubah. Sehingga, jumlah penderita terus cendrung mengalami peningkatan,” tambahnya. O eka

Tags:
banner 468x60

No Responses

Leave a Reply