BOGOR SEHAT

Informasi pelayanan kesehatan terdepan di Bogor

banner 728x90

Klinik Mau Layani Pasien BPJS, Ini Persyaratannya

Klinik Mau Layani Pasien BPJS, Ini Persyaratannya

ilustrasi

BPJS Kesehatan membuka peluang seluas-luasnya kepada para pemilik klinik kesehatan yang ingin bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melayani peserta BPJS Kesehatan.

Untuk Klinik Pratama atau yang setara, klinik harus memiliki Surat ijin Operasional, Surat ijin Praktik (SIP)/ bagi dokter/dokter gigi dan Surat Ijin Praktik atau Surat Ijin Kerja (SIP/SIK) bagi tenaga kesehatan lain, Surat Ijin Praktik Apoteker (SIPA) bagi Apoteker dalam hal klinik menyelenggarakan pelayanan kefarmasian, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan, Perjanjian kerja sama dengan jejaring jika diperlukan dan Surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan Jaminan  Kesehatan Nasional.

Untuk Praktik Dokter atau Dokter Gigi harus memiliki Surat Ijin Praktik, Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP), Perjanjian kerjasama dengan laboratorium, apotek dan jejaring lainnya dan Surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

Untuk Puskesmas atau yang setara harus memiliki Surat Ijin Operasional, Surat Ijin Praktik (SIP) bagi Dokter / Dokter Gigi, Surat Ijin Praktek Apoteker (SIPA) bagi Apoteker, dan Surat Ijin Praktik atau Surat Ijin Kerja (SIP/SIK) bagi tenaga kesehatan lainnya, Perjanjian kerja sama dengan jejaring jika diperlukan dan Surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

Sedangkan untuk Rumah Sakit kelas D Pratama atau yang setara harus memiliki

Surat Ijin Operasional, Surat Ijin Praktik (SIP) tenaga kesehatan yang berpraktik, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Badan, Perjanjian kerja sama dengan jejaring jika diperlukan dan Surat pernyataan kesediaan mematuhi ketentuan yang terkait dengan Jaminan Kesehatan Nasional.

Dalam situs BPJS Kesehatan, disebutkan, ersyaratan dan formulir tersebut diserahkan kepada Kantor BPJS Kesehatan setempat. Diutamakan klinik Pratama untuk memiliki jejaring dengan Dokter Gigi, dan apabila Klinik Pratama telah memenuhi persyaratan kredensialing, serta sesuai dengan kebutuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada wilayah Kantor Cabang, maka Klinik Pratama dapat melakukan Perjanjian kerja sama dengan Kantor Cabang setempat. O net/bs-1

banner 468x60

No Responses

Leave a Reply